Saturday, January 2, 2010

service tv panasonic

yok bareng2 belajar gimana caranya service tv panasonic.

Problem yang sering di alami tukang service pada tv panasonic alfa gold adalah bunyi denyit, yg disebabkan dioda zener pada tegangan 50v mati/konslet.Untuk mengatasi problem tersebut biasanya tidak bisa hanya mengganti zenernya saja, tapi harus mengganti juga elco yang ada di rangkaian power suply. biasanya nilanya 47uf/63v. Karena jebolnya dioda disebabkan over voltage pada teg 50v. dan biasanya di barengi dengan hangusnya resistor 820 ohm untuk suplay teg oscilator.

kl ada teman yang menemukan cara yg lain mohon sharingnya agar bisa membantu sesama tukang service, trims!

3 comments:

  1. kalao aku yang sering dengan kasus over tegangan, biasanya resistor nilai kira2 kurang dari 10 ohm ( sory lupa nilai pastinya)pada primer regulator, putus atau nilainya berubah juga 2 buah elco kecil-kecil.

    bravo bosss

    ReplyDelete
  2. saya servis tv polytron pada ic D 1808 kalau si kaget kan pada tester bagu tv nya hidup dbagaimana saya mengatasi tv tersebut, kira kira ada solusi nya bosss tolong donk

    ReplyDelete
  3. ainierachman:

    biasanya kl masih mau di pamcing pk multitester, ada resistor yang bernilai ratusan kilo putus. biasanya berada di bagian driver yang berhubungan dengan tegangan 300 volt. mohon di koreksi kl ada yg kurang tepat.

    ReplyDelete